Profile Magister manajemen


Tantangan besar yang dihadapi lembaga bisnis dan komunitas dewasa ini adalah berkaitan dengan  semakin ketatnya persaingan global dan regional, diantaranya berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN, sejak 31 Desember 2015, berlakunya WTO. Krisis keuangan dan ekonomi yang berdampak pada kinerja perusahaan/komunitas. Terjadinya kebangkrutan banyak perusahaan besar.  Daya saing lembaga bisnis dan komunitas semakin rendah. 

Sejalan dengan  tantangan tersebut, pentingnya terobosan besar  dalam penyiapan dan pengembangan tenaga ahli profesional yang berkelanjutan. Program Magister Manajemen siap hadir dan berkomitmen untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang inovatif dan bermutu untuk mencetak para tenaga ahli profesional yang handal dan berdaya saing di kawasan global. Tiga Konsentrasi ditawarkan: Manajemen Risiko, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Organisasi Nir Laba.

Konsentrasi Manajemen Risiko

Para lulusan diharapkan mampu dan siap berperan sebagai tenaga ahli risiko keuangan dan korporat. Lulusan  memiliki pengetahuan mendalam dan mahir dalam bekerja sesuai standar global atas kerangka manajemen risiko keuangan dan risiko korporasi (enterprise). Lulusan juga mampu melakukan valuasi bisnis, menyusun sistem tata kelola korporat, dan membuat rencana strategik keuangan. Secara spesifik Lulusan mampu mengidentifikasi risiko, mengukur risiko, memeta risiko, dan menangani serta mengelola risiko di Lembaga Keuangan (perbankan dan lembaga keuangan lainnya) dan  Manufaktur, baik pada level nasional maupun multinasional.

Konsentrasi Pemasaran

Lulusan diharapkan memahami lingkungan bisnis yang saat ini sudah bersifat global, sehingga dapat menyusun rencana strategik untuk pemasaran produk dan jasa mereka, selain dapat membuatmarketing plan yang berbasis strategi pemasaran serta taktik pemasaran yang relevan. Lulusan juga mampu mengikuti perubahan perilaku konsumen dan kompetitor pada era global serta dapat beradaptasi pada lingkungan pemasaran yang sangat dinamis, baik sebagai manajer pemasaran, wirausahawan, konsultan pemasaran, atau karir lain di bidang pemasaran.

 

Konsentrasi  (Social Entrepreneurship) Manajemen Organisasi NirLaba

Para lulusan diharapkan mampu berperan sebagai tenaga ahli manajemen organisasi nirlaba. Lulusan mampu dan mahir bekerja sesuai standar global dalam pengembangan komunitas, menyusun strategi pencarian dana (fundraising), dan pengembangansocial entrepreneurship serta mampu melakukan evaluasi program sosial. Peran lulusan sebagai pemecah masalah sosial melalui model bisnis sosial pada organisasi sosial, seperti Yayasan Sosial, Gereja, Organisasi Kesejahteraan Sosial Masyarakat, Yayasan Dana, Lembaga Advokasi, Konservasi Lingkungan, Pekerja Sosial, dan lainnya.