Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat


 

Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat

Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana

 

SK Pendirian: Nomor 04/B.02/FBIS/2016 Tentang Pendirian Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM) di Lingkungan Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta

Pengurus:

Ketua Pembina: Farsijana Adeney-Risakotta PhD, M.Si, S.Th

Ketua Pelaksana: Dr. Heru Kristanto

Sekretaris: Eka Adhi Wibowo, SE., M.Sc.

Bendahara: Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih M.Si.

Latar belakang:

UU RI No 3 Tahun 2013 tentang Perindustrian menjelaskan latar belakang perubahan kebijakan negara dengan menetapkan pedoman pembangunan nasional berbasis industri. Pedoman ini menyesuaikan perubahan nasional dan internasional yang sedang terjadi sehingga mempengaruhi perkembangan pembangunan Indonesia sekarang sampai 20 tahun ke depan. Perwujudan industri nasional akan mendorong pengembangan ekonomi, pemerataan akses berusaha dari masyarakat bisnis sehingga mampu bersaing dalam pasar global. Pada saat yang sama persaingan bisnis membuka kemungkinan terhadap peningkatan konflik sosial yang dapat melibatkan masyarakat di tingkat basis.  Padahal basis kekuatan pembanunan industri nasional berada pada tangan masyarakat, terutama di kalangan masyarakat pedesaan. Pemerintah RI memberikan otonomi kepada pemerintah desa mengelola pembangunan di desanya melalui UU RI Nomor 6 Tahun 2014. Penekanan pembangunan nasional kepada masyarakat berkelompok dalam mengadvokasi pemenuhan hak-hak ekonomi dan perdamaian mensyaratkan ketersediaannya penguatan dan pemberdayaan kapasitas masyarakat dalam berorganisasi. Sistem organisasi sosial yang memelihara kegotongroyongan masyarakat pedesaan diupayakan dengan mendorong penguatan pemupukan modal bersama yang dapat digunakan dalam pengembangan usaha masing-masing anggota. Bentuk organisasi masyarakat bisnis ini adalah koperasi berbasis kewirausahaan kreatif yang membuka interaksi anggota dari berbagai lintas keagamaan, status sosial, kewilayahan dan bentuk produksinya.

Visi

Melakukan penelitian dan pengamalan hasil riset untuk mempersiapkan masyarakat pedesaan di Indonesia terlibat dalam pembangunan nasional.  Partisipasi masyarakat adalah dengan  membangun  organisasi ekonomi seperti koperasi untuk mendorong kegotongroyongan dan kemandirian berbisnis sehingga dapat menguatkan distribusi keadilan sosial, kerukunan dan perdamaian di antara umat beragama yang berbeda secara status sosial, kewilayahan dan hasil produksi.

 

Misi

Melakukan program-program riset dan pemberdayaan masyarakat untuk memberikan inspirasi dan peluang bagi pengembangan ilmu pengajaran dan penelitian kepada warga civitas akademika di Universitas Kristen Duta Wacana dan masyarakat di Indonesia terhadap isu strategis demokrasi ekonomi dan organisasi masyarakat.

 

Program yang sedang berjalan:

  1. Riset internasional yang dikelola oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta PhD dengan dana penelitian dari proyek Contending Modernities yang disponsori oleh Wake Forest University dan Norte Dame University di Amerika Serikat (periode 2016-2018).
  2. Riset tentang Pembangunan dan Kewirausahaan Desa (2016)
  3. Riset tentang Koperasi dan kewirausahaan Kreatif (2017)

 

YAYASAN HEIN NAMOTEMO INDONESIA

Pada tanggal 10 April 2015 telah dilakukan Kuliah Umum "Strategi Pengembangan Wilayah Untuk Pengembangan Ekonomi Kawasan Timur Indonesia" dengan pembicara bapak Ir. Hein Namotemo, M.Sp. selaku Bupati Halmahera Utara. Selanjutnya, setelah acara kuliah umum selesai, dilanjutkan dengan penandatanganan Mou antara YAYASAN HEIN NAMOTEMO INDONESIA (YHNI) dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Adapun salah tujuan dilakukannya MoU ini adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan bentuk studi banding dan studi literature bagi YHNI.

Forum Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Katolik se-Indonesia

Fakultas Bisnis UKDW pada November 2014 mengikuti Forum Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Katolik se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan diikuti sedikitnya 20 delegasi dari berbagai Universitas Kristen Katolik di Indonesia.

Sejumlah Dekan dan Pejabat yang mewakili hadir dalam kesempatan tersebut, diantaranya Hari Sunarto, SE., MBA., PhD, Dekan FEB UKSW; Dr. Singgih Santoso, MM, Dekan Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana; Dr. Octavianus Hartono, M.Si., Akt, Dekan FEB Unika Soegijapranata; Dr. Melitina Tecualu, Eka Dessy, SE., MM, Oktavia, SE., MM, Tim FE Universitas Kristen Krida Wacana; Se Tin, SE., M.Si., Ak., Dekan FE Universitas Kristen Maranatha; Budi Suprapto, MBA., PhD, Dekan FE Universitas Atma Jaya.

Dalam forum tersebut selain digagas kemungkinan kerjasama antar fakultas dalam bentuk faculty exchange, student exchange, juga secara khusus dibahas mengenai  pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkaitan erat dengan peningkatan kualitas pendidikan.