Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat


 

Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat

Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana

 

SK Pendirian: Nomor 04/B.02/FBIS/2016 Tentang Pendirian Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM) di Lingkungan Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta

Pengurus:

Ketua Pembina: Farsijana Adeney-Risakotta PhD, M.Si, S.Th

Ketua Pelaksana: Dr. Heru Kristanto

Sekretaris: Eka Adhi Wibowo, SE., M.Sc.

Bendahara: Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih M.Si.

Latar belakang:

UU RI No 3 Tahun 2013 tentang Perindustrian menjelaskan latar belakang perubahan kebijakan negara dengan menetapkan pedoman pembangunan nasional berbasis industri. Pedoman ini menyesuaikan perubahan nasional dan internasional yang sedang terjadi sehingga mempengaruhi perkembangan pembangunan Indonesia sekarang sampai 20 tahun ke depan. Perwujudan industri nasional akan mendorong pengembangan ekonomi, pemerataan akses berusaha dari masyarakat bisnis sehingga mampu bersaing dalam pasar global. Pada saat yang sama persaingan bisnis membuka kemungkinan terhadap peningkatan konflik sosial yang dapat melibatkan masyarakat di tingkat basis.  Padahal basis kekuatan pembanunan industri nasional berada pada tangan masyarakat, terutama di kalangan masyarakat pedesaan. Pemerintah RI memberikan otonomi kepada pemerintah desa mengelola pembangunan di desanya melalui UU RI Nomor 6 Tahun 2014. Penekanan pembangunan nasional kepada masyarakat berkelompok dalam mengadvokasi pemenuhan hak-hak ekonomi dan perdamaian mensyaratkan ketersediaannya penguatan dan pemberdayaan kapasitas masyarakat dalam berorganisasi. Sistem organisasi sosial yang memelihara kegotongroyongan masyarakat pedesaan diupayakan dengan mendorong penguatan pemupukan modal bersama yang dapat digunakan dalam pengembangan usaha masing-masing anggota. Bentuk organisasi masyarakat bisnis ini adalah koperasi berbasis kewirausahaan kreatif yang membuka interaksi anggota dari berbagai lintas keagamaan, status sosial, kewilayahan dan bentuk produksinya.

Visi

Melakukan penelitian dan pengamalan hasil riset untuk mempersiapkan masyarakat pedesaan di Indonesia terlibat dalam pembangunan nasional.  Partisipasi masyarakat adalah dengan  membangun  organisasi ekonomi seperti koperasi untuk mendorong kegotongroyongan dan kemandirian berbisnis sehingga dapat menguatkan distribusi keadilan sosial, kerukunan dan perdamaian di antara umat beragama yang berbeda secara status sosial, kewilayahan dan hasil produksi.

 

Misi

Melakukan program-program riset dan pemberdayaan masyarakat untuk memberikan inspirasi dan peluang bagi pengembangan ilmu pengajaran dan penelitian kepada warga civitas akademika di Universitas Kristen Duta Wacana dan masyarakat di Indonesia terhadap isu strategis demokrasi ekonomi dan organisasi masyarakat.

 

Program yang sedang berjalan:

  1. Riset internasional yang dikelola oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta PhD dengan dana penelitian dari proyek Contending Modernities yang disponsori oleh Wake Forest University dan Norte Dame University di Amerika Serikat (periode 2016-2018).
  2. Riset tentang Pembangunan dan Kewirausahaan Desa (2016)
  3. Riset tentang Koperasi dan kewirausahaan Kreatif (2017)

 

Galeri Investasi BEI UKDW & Valbury Asia Securities

Galeri Investasi BEI UKDW & Valbury Asia Securities merupakan pengembangan dari Pojok BEJ yang telah ada di UKDW sejak tahun 1995, dan  diresmikan tanggal 24 Januari 2008. GI  BEI UKDW & Galeri Pasar Modal Valbury Asia Securities hadir untuk berperan serta dalam meningkatkan citra pasar modal dengan memberikan edukasi pasar modal  bagi mahasiswa maupun masyarakat umum. Berbagai Produk yang disediakan GI BEI UKDW meliputi:

a. Transaksi Saham secara On line trading

Merupakan hasil kerjasama dengan PT Valbury Asia Securities selaku pialang yang terdaftar di BEI dan penyedia data real time IQ Plus. Pojok BEI memberikan sarana  dan prasarana  bagi Civitas Akademika dan masyarakat umum untuk dapat memperjualbelikan saham-saham yang listing di BEI secara real dan langsung. Fasilitas dan tempat yang luas serta menyenagkan untuk memonitor pergerakan harga saham bagi para investor individu yang sedang bertransaksi 

b. Informasi dan Data pasar Modal

Sebagai penyedia data real-time, Pojok BEI melayani pemesanan data bagi mahasiswa dan umum yang sedang melakukan penelitian tentang pasar modal. Data laporan keuangan yang tersedia di Pojok BEI UKDW meliputi laporan keuangan lengkap, laporan keuangan per item, data saham harian (Open price, high price, low price, dan closing price), data IHSG, LQ 45, JII, data volume perdagangan, data jumlah saham beredar,  rasio keuangan, nama perusahaan, data IPO, data inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah, SBI per tahun, Annual Report, Deviden Per Share, Total Deviden, Tanggal pembagian deviden, stock split, dll. Informasi lain yang juga tersedia meliputi ICMD, Annual Report, Laporan Keuangan, Prospektus Perusahaan, artikel, dan data-data keuangan lainnya.

c. Pelatihan Pasar Modal

Merupakan pelatihan yang ditujukan kepada mahasiswa maupun masyarakat umum yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang transaksi saham. Pelatihan ini diadakan setiap 2 bulan sekali selama 2 minggu (14 hari ). Ada 2 (dua) metode yang diterapkan, yakni kelas seminar selama 2 hari dan kelas simulasi selama 10 hari. Materi pelatihan kelas seminar untuk tahap basic yakni, pengenalan pasar modal, analisis fundamental, analisis teknikal, dan kiat-kiat berinvestasi. Untuk kelas simulasi dilakukan paper trading dan pengenalan/penggunaan informasi yang disajikan pada penyedia data real time IQPlus untuk membantu menganalisa pergerakkan saham. Pelatihan dikemas dengan sederhana dan menarik sehingga peserta non-economic backgraound juga cepat memahami. Pelatihan ini di bagi dalam 3 level yaitu, level basic, level intermediate, dan advance.

d. Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM)

Merupakan suatu komunitas khusus bagi mahasiswa UKDW yang tertarik untuk mendalami Pasar Modal. KSPM telah dibentuk pada 14 November 2008. Peserta KSPM diperlengkapi dengan berbagai pengetahuan dan simulasi tentang Pasar Modal. Peserta KSPM aktif mengikuti seminar dan menyelenggarakan kegiatan terkait dengan edukasi dan sosialisasi Pasar Modal.

Jogja Research Center (JRC)

Jogja Research Center (JRC) adalah sebuah lembaga riset di bidang pemasaran dan bisnis dari Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang didirikan bekerja sama dengan PT. MARS INDONESIA. JRC menawarkan full service dibidang marketing research services. Jasa tersebut antara lain adalah problem definition, research objective, research design, data collection, data processing, analysis (standart & advance analysis), sampai dengan solusi/rekomendasi. Client yang dapat menjadi mitra JRC antara lain berasal dari sektor: perbankan, telekomunikasi, farmasi, consumer goods, asuransi, elektronik, property, government agency, dsb. JRC memberikan pelayanan kepada client dalam berbagai macam keperluan penelitian (customized/adhoc research), misalnya kebutuhan akan syndicated research: omnibus, panel, dll. Selain melayani client dalam hal penelitian, JRC juga menyediakan research training education melalui JRC School of Marketing Research.